Kamis, 28 Mei 2009

Innalillahi wainnailaihi roji'un

Innalillahi wainnailaihi roji'un, kakek gw meninggal kemaren jam 15.25. Rencananya dimakamin hari ini abis solat jumat.

Kemaren gw sempet ngeliat sakkaratul mautnya. Untungnya gak pake gelepar-gelepar ala ikan atau apa gitu. Bener2 tenang paling cuma ada suara "herkhhkh" pas *kayaknya* mulai dicabut nyawanya.

Gw juga ga nyangka bakal kemaren. Kemaren itu gw abis beli makan siang sama sepupu dan oom gw. Trus kita balik lagi ke icu nya. Sepupu gw ngobrol2 di ruang dokter, gw masuk ke dalem icu. Bokap nyokap gw lagi ngobrol sama teman2 sejawatnya. Gw duduk deket bed kakek gw trus disuruh ngaji.

Gw ngaji surat ke 39 sama 40(gw lupa apa nama suratnya hehe). Lagi ngaji gitu dateng suaminya anaknya kakaknya nyokap gw padahal yang lagi sakit ini bapaknya bokap gw.
Sambil gw ngaji gitu, bokap gw ngedeketin kakek gw sambil manggil2 setengah nampar2 gitu. Udah ga respon. Bokap gw cuma diem doang langsung manggil adek kakaknya.

Disini, odong gw kumat. Sambil ngelepas beberapa alat yang dipake kakek gw, bokap gw bilang gini ke gw,"Beta, panggil mama tuh". Nah dengan odongnya gw kira gw dipanggil nyokap gw. Padahal sebenernya maksud bokap gw, gw yang manggil nyokap gw.

Jadi gw keluar. Nyokap gw lagi ngobrol sama temennya. Gw tanya"mama manggil aku?" Nyokap gw langsung ngomong "enggak. Kamu diusir aja kali sama papa. Papa mau tindakan mungkin." Trus dari kejauhan gw ngeliat suster2 dan perawat2 bokap gw udah ngedeket bawa alat2 aneh gitu. Barulah sadar gw maksudnya bokap gw apa. Gw panggil nyokap gw dan masuklah kita.

Waktu gw masuk, nadinya tinggal 30an, garisnya udah tipis. Bokap gw dan sodara2nya udah meluk kakek gw sambil baca2 gitu lah. suaminya anaknya kakaknya nyokap gw udah di kaki kakek gw sambil ngelus2 gitu. Perawatnya nanya ke bokap gw,"dok, mau di back-up gak?" Bokap gw memutuskan emang udah waktunya jadi gak diapa2in lagi.

Sambil terus baca2 gitu nadinya makin lama makin turun. Pas udah 25, ada bunyi "herkhkhh" dari kakek gw dan semua langsung menjerit tertahan sambil baca2nya lebih kenceng lagi.

Pas jam 15.25 bokap gw ngeliat monitor dan langsung bilang,"Innalillahi wainnailaihi roji'un". Kakak bokap gw langsung jatoh kayak pingsan gitu(padahal cowok gede gitu, jadi kena tiang infus terus gelotakan gitu deh) bokap gw meluk adeknya yang satu karena mau jatoh terus adeknya yang satu lagi ikut meluk bokap gw. Sementara itu di bed sebelahnya nyokap gw nampar2 kakak iparnya.
*percakapan di bed 5(yang oom gw)
Nyokap gw :"uda gak boleh nangis! Gak boleh nangis!"
Oom gw :"tapi vila, papa.. Papa udah ga adaaa!"
NG :"tapi uda harus kuat! Harus kuaaaat!"
OG :"tapi vilaa.. Tapiii.."

*di bed sebelahnya(tempat kakek gw)
Bokap gw :"udah semuany tenang. Tenang. Gak boleh nangis"
Adek bokap gw :"iya bang. Iyaaaaaa"

Udah berasa nonton telenovela gitu. Padahal itu ICU tidaklah sepi. Perawat2 bokap gw udah ngerumpul disitu. Belom lagi orang2 yang dari administrasi. Ah yasudahlah. Toh cuma sekali-sekali.

Trus gw ngedeket ke oom gw yang lemes. Dia udah fine2 aja. Gw ke bokap gw. Bokap gw cuma bilang "udah dek. Papa udah rela" dan gw akhirnya bengong trus nelpon kakak gw terus sok2 sibuk moto2 kakek gw.

Karena keluarga dokter, jadi boleh gak nunggu lebam 2 jam, jadi abis dibersiin langsung dibawa ke ambulans. Udah lagi dibawa ke bawah gitu tau2 ada mas2 cleaning service manggil2. Gw kira ada sesuatu yang penting ketinggalan.

Gataunya gigi palsu kakek gw ketinggalan. Gubrak.

Trus abis itu konvoy 5 mobil ke daerah cimanggis.

Gw mobil keempat. Tau2 pas lagi di tol jorr ada mobil masuk di belakang mobil gw trus nyalain lampu kedip2 sok2an ikut konvoy. langsung lah kakak gw marah2(kakak gw yang nyopir). Abis itu pas udah mobilnya keluar dari konvoy langsung kakak gw pepet dan lampu2.

Udah gitu dengan begonya gw dan kakak gw pake nyasar dulu. Harusnya ke arah kelapa 2 gw malah ke arah depok. Trus udah gitu nyasar2 ampe depok town square segala zzzz. Maafkan kebodohan gw memandu jalan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar