Sabtu, 16 Mei 2009

names

gw gak pernah suka nama gw. BETA. gak komersil, jelek, gak ada artinya.
waktu gw tanya nyokap gw kenapa dinamain beta, soalnya nama kakak gw alpha. jadi gw sebagai anak kedua dapet nama beta.

dan untuk nama canina, gw dapat karena bagian kedua dari nama kakak gw adalah denti, yang mirip sama dentist, yang mana merupakan pekerjaan nyokap gw. karena itu nama kedua gw canina, yang artinya gigi taring.

terus nama terakhir gw adalah nama bokap gw. yang mana jarang gw tuliskan kalo disuruh nulis nama karena kebiasaan pas SD, kalo nulis nama ayah ntar diledekin jadi gw maless nulisnya.

waktu itu gw pernah debat tentang nama sama teman gw. nama dia diambil dari bahasa jawa trus ada artinya apaaa gitu katanya. tapi kayaknya sih artinya cuma dia karang2 doang. tapi trus dia ngomong gini ,"masih mending nama gw ada artinya. daripada nama lo. cuman binomial nomenklatur". iya emang lebay, tapi emang bener juga.

dari kecil, gw sudah tahu bahwa saya dan nama saya tidaklah sepadan. kalo pas kecil sih gw sebel sama nama gw karena tidak komersil dan tidak cantik sehingga bisa saya pakai untuk nama barbie saya. karena itu, hampir tiap jam gw ganti nama. kadang jadi susi susanti*karena waktu itu dia abis menang olimpiade jadi namanya terdengar dimana-mana. kadang jadi natalie*nama yang paling sering gw pake buat barbie gw. kadang jadi leslie*temen tk gw yang cantik tik tik banget. kadang jadi cantika *karena waktu itu ada artis cilik namanya begitu, untung gw gak milih jadi tina toon haha.

yang paling kasian sih bokap gw, karena dia yang paling jarang ada di rumah dan paling tidak up to date akan pergantian nama gw jadi sering gw marahin.
contoh kasus :
pagi-pagi
bokap gw :"bet, papa pergi dulu ya, jangan berantem terus dong"
gw :"iih papa namaku bukan beta tau. tapi emily tau."
bokap gw:"oh iya emily papa pergi dulu ya.
sore-sore
bokap gw:"emily, papa udah pulang nih."
gw :"PAPAAAAA! aku tuh bukan emily tauuuuuu.tapi VANESSA. ah papa payah!
bokap gw: *speechless

Nicknames, I have plenty of them. bukan, bukan emily atau natalie atau leslie kok. tapi emang dari nama asli gw. pas kecil ada oom gw yang manggil gw "tata"*sampe terakhir dia sadar juga sebenernya masih manggil gw itu sih haha. trus tante gw yang dari nyokap gw ada yang manggil gw "teta"*awalnya "beTET" terus jadi teta entah gimana caranya. kalo nyokap gw manggilnya kadang "dek" ato "bebot" karena dulu pas kecil gw gendut.
trus kalo teman2 biasa sih paling manggilnya beta. meskipun ada juga yang manggil gw halijoy, harly, harlytoj(waktu itu legitimasi kartu ujian gw salah ketik gitu) narlyjoy*salah ketik juga.
trus pas smp gw sempat hampir dipanggil "aca" karena suatu dan berbagai hal untungnya tidak berlanjut.
kelas satu sma, ada yang manggil gw "bejing" jangan-tanya-kepanjangannya-apa.
trus pas kelas dua, ada yang manggil gw "nina" dari bagian canina. tapi dari canina itu juga gw dapat nama caninus, canisius, dan bahkan cananinus. yang mana jadi ada yang manggil gw nus.
trus kelas tiga, tidak ada nama panggilan baru. paling bets atau betak. kadang-kadang sama kakak gw dipanggil botak atau alay atau nyet.

dan kemaren pas lagi ngobrol-ngobrol sama temen sekelas gw, trus lagi ngayal tentang masa depan ada omongan kayak gini:
temen gw :"ah ntar gw kalo sakit ke dokter muncieto aja deh, kan temen sekelas ntar dimurahin"
gw :"LAAAAAH, jangan cieto dong. ntar pasien gw siapa?"
temen gw :"dokter beta. hmm. gak bagus ah bet namanya"

yah, kalo gara2 nama ntar gw jadi gak dapet pasien apa gw perlu ganti nama? apa gw perlu ganti panggilan jadi canina? tapi deket rumah gw ada KANINA RESIDENCE. gamau ah gw disamain sama perumahan. ntar pokoknya anak gw mau gw namain nama gaul sekalian! pasti!

1 komentar:

  1. haha bet,,emang nama dokter muncieto laku ya?
    klo gw lebih milih lo deh jd dokter gw drpd dia,,serem ah,,tar klo dia pas pemeriksaan malah tidur lagi,,haha

    BalasHapus