Kamis, 18 Juni 2009

smart people

jangan tanya kenapa gw bikin post kayak gini.

menurut gw, orang pinter ada 3 jenis. orang rajin, orang cerdas dan jenius, sama orang cerdik.

maaf gw tidak suka memakai majas eufinisme, tapi menurut gw di dunia ini emang ada orang bego. gak cuma orang-orang yang "bukan-tidak-pintar-tapi-hanya-malas". tapi orang yang sebenernya pinter tapi males juga emang ada *plin-plan bener lo bet*. do you know what I mean? well, let's just assume you do and move on.

okay back to the smart people.

kategori pertama orang rajin. orang-orang tipe ini biasanya cewek. ada juga sih yang cowok, tapi semakin tinggi tingkat sekolahnya biasanya jumlah yang berjenis kelamin cowok makin lama makin berkurang. biasanya rengking mereka tinggi-tinggi, tapi bukan yang terbagus. beberapa dari mereka biasanya akan sangat down kalo nilainya kalah sama orang lain. misalnya dia dapet nilai 90 tapi ada orang yang dapet nilai 95, dia bakal sedih. ga perlu gw sebutin contohnya lah ya.

kategori kedua, orang cerdas dan jenius. orang-orang tipe ini adalah orang-orang yang kalo test IQ hasilnya sangat memukau. gak perlu belajar juga udah tinggi rengkingnya. kalo yang ini, cowoknya lumayan banyak. biasanya cowok2 yang masuk rengking tinggi di sma adalah orang-orang tipe ini. orang-orang ini biasanya the-most-likely-to-succeed. mau itu dokter mau itu insinyur mau itu seniman mau itu pilot pasti ntar karirnya cemerlang. sampai saat ini menurut gw orang yang pernah gw temui dan sangat berkesan cerdas(bahkan yang satu menurut gw kayaknya sih jenius) di mata gw ada dua. dan dua2nya pernah sekelas ama gw selama 2 tahun. yang pertama si hafiyy. udah ga perlu gw jelasin kan ya? yang kedua si cieto. di kelas tidur-nyeker-istirahat-main lempar-lemparan-tidur-nyeker-pulang terus. di antara teman2 juga buktinya dapet award the tololest, tapi tau-tau un tertinggi se-dki, masuk fkui.

yang ketiga orang cerdik. orang-orang tipe ini sebenernya cerdas. tapi mereka suka mempergunakan kecerdasannya itu untuk mempersuasi dan memperdaya orang lain untuk melakukan hal-hal yang dia mau. biasanya mereka smooth talker. susah dipercaya tapi entah kenapa lo bakal percaya ama apa yang dia omongin. mereka terlalu cerdas untuk dimengerti sama dunia sehingga mereka mencoba mengatur dunia ini sesuai kemauan mereka sendiri. meski kadang-kadang kesannya picik, licik, jahat dan nyebelin, sebenernya mereka malah lebih cerdas dari orang-orang cerdas. contoh di dunia mayanya adalah si kancil. masih inget kan si kancil yang biasanya ada di cerita2 rakyat yang biasa dibacain ibu ke anaknya? dia bisa bikin buaya yang mau makan dia malah bantuin dia nyebrang sungai, dia bisa bikin gajah bantuin dia keluar dari lubang, yaa that kind of thing. lalu contoh di dunia nyatanya adalaaaaaah... jeng jeng jeng jeng. kakak gw. lo mesti hati-hati sama dia beneran deh. nyokap gw bilang emang gw nya aja yang gampang diboongin ama dia, tapi buktinya dia sering memperdaya orang-orang untuk melakukan hal yang dia mau tanpa orang yang diperdaya itu sadar bahwa dia udah diperdaya. ribet ya? hmm gini deh contohnya. ini kejadian nyata loh ya.

"waktu itu pas lagi ke bukit tinggi, pas udah di hotel malem-malem kakak gw ngajakin jalan-jalan. tapi waktu itu gw lagi ngambek dan nangis sehingga nyokap gw mesti nemenin gw dan kakak gw pergi sama bokap gw. mereka pergi ke toko cd. harga cd artis luar negri biasa 75ribu kan? nah, dia ngomong gini ke bokap gw "Pa. gimana kalo gini, kan cd harganya 75 ribu. aku bayar 40ribu, papa bayar 35 ribu.". berhubung jarang2 kakak gw mau ngeluarin duit, bokap gw setuju bayar 35 ribu dan ngasih duitnya ke kakak gw. trus mereka misah. ketemu lagi pas udah di luar toko dan kakak gw udah bayar cdnya. karena itu cd hampir setengahnya bokap gw juga yang bayarin, bokap gw pengen liat cdnya. dan ternyata pas diliat ama bokap gw, kakak gw beli cd padi yang mana harganya 35 ribu dan kakak gw sama aja tidak mengeluarkan duit sama sekali."

do you see what I mean? dan gw sebagai adiknya tentu saja seringkali dibohongi oleh dia yang kadang bikin gw bingung apakah memang gw yang segitu begonya apa kakak gw yang segitu pinternya? dan meskipun gw sudah mencoba mempraktekkan cara dia untuk mempersuasi orang, hasil yang gw dapatkan seringkali gagal dan malah gw yang akhirnya dimarahi.


sebenernya ada satu lagi yaitu orang hoki tapi menurut gw orang hoki ini biasanya ga pinter makanya ga gw masukkin ke sini. whaddayathink, eh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar