Senin, 26 Oktober 2009

dokter

iye gue tau gue emang lemot telat banget baru nyadarnya sekarang. udah gitu bukannya belajar agama malah ngeblog. iye udah ga usah bawel berisik!

gue baru nyadar bahwa dokter emang suatu profesi yang mulia.
gue bukannya berpikir begini karena gue kuliah di kedokteran. lah wong gue orang terbejat sedunia gini kok menganggap (calon)profesinya mulia. kagak kagak, beneran deh, beberapa minggu ini gue melihat dan mengawasi dan mengamati. well, bukan mulia juga kali ya, tp memiliki tanggung jawab yang berat. lo gak bisa asal belajar gitu doang. lo belajar ngasal sekarang bisa-bisa nanti lo akan membunuh banyak orang.

gue mulai sadar waktu gue iseng ngomong gini,
"gue pengen deh bunuh orang. kayaknya asik."

dan tiba-tiba saja teman-teman gue heboh. "Gila lo bet. Harusnya nyelamatin nyawa orang malah pengen ngilangin nyawa orang." "itu sama aja anak Sekolah Tinggi Teologi gak percaya adanya Tuhan." "Aneh lo Bet." "Beta ayo jalan kayang!". wait yang terakhir itu omongan dalam otak gue sendiri deng hahahaha.

trus kemaren ketika dengan cerobohnya gue menjatohkan laptop gue yang baru dua bulan itu, bokap gue hanya bisa geleng-geleng kepala. dia gak marah sih. lebih tepatnya kecewa dan khawatir. kata dia, "Papa khawatir kok cerobohnya kamu gak ilang-ilang. Papa takut nanti kamu lagi ngerawat pasien mau mencet tombol apa malah salah jadi tombol apa nanti kalo pasiennya kenapa-kenapa kan bisa fatal."

And then it hit me. gila lo bet. lo ga bisa lagi main-main sekarang. SMA dulu lo boleh lah tidur di kelas. tawuran kertas juga boleh. mau loncat-loncat juga silahkan. sekarang kalo lo gak merhatiin yang bakal lo rugiin gak cuma diri lo sendiri yang gak dapet pengetahuan, tapi orang-orang yang nanti bakal lo rawat. orang-orang yang nanti percaya sama lo buat nyembuhin mereka, tp karena lo terlalu lalai dan malas untuk dengerin dosen lo, gagal lo dapatkan kepercayaannya. mau jadi apa lo bet?

waktu gue jadi dokter kecil dulu pas SD kayaknya gampang banget. temen sakit, hampirin, kerubutin, teriak "BU GURU! Si X Sakit!". udah. that's it. selesai tugas gue sebagai dokter kecil. sekarang gue akan menempuh pendidikan untuk jadi dokter. yeah, that guy. orang yang kalo ada yang sakit nolongin, bukan orang sakitnya ditinggal lari sembunyi. Oke lah gue mungkin gak jadi dokter macamnya house atau royal pains atau grey's anatomy atau lalala itu. but still, gue akan berhadapan sama pasien, orang hidup, orang nyata yang bisa kesakitan, nangis, teriak, dan bisa nuntut gue kalo gue malpraktek.

Oke lah gue bisa gak usah praktek tinggal nyari suami kaya tua yang udah mau mati trus gue ambil warisannya. tapi trus buat apa gue belajar susah2 demi keterima FKUI? biar bangga? biar dibilang pinter? biar banyak yang ngiri? biar pada bilang gue hebat? NO.

maaf gue memang tidak memikirkan konsekuensi dari pilihan yang telah gue ambil. namun bukan berarti gue akan lari dari konsekuensi itu. emang gue waktu awal tidak begitu memikirkan beban yang gue rasakan sekarang. namun bukan berarti gue gak siap dengan beban itu. mungkin sekarang gue bilang itu beban mental. tp sebenarnya gue akan membuat itu motivasi buat gue belajar baik-baik. biar gue gak slenge-an lagi. biar gue gak teriak-teriak ngobrol lagi kalo guru lagi jelasin. biar gue merhatiin baik-baik pelajaran yang udah dikasih. biar gue ngerjain PR gak 20 menit sebelum dikumpulin. biar gue bisa jadi seorang dokter yang baik.
gue akan berusaha menjadi seorang dokter yang baik yang nanti bisa dapet jodoh orang jerman ganteng kaya kalo bisa udah tua aja biar cepat ada bendera kuning lalu gue bisa mencari lagi yang lain lalu gue peras lagi lalu gue cari lagi yang baru okay enough Beta. Gue akan berusaha menjadi dokter yang berguna bagi nusa bangsa dan negara dan memenuhi seluruh kriteria Seven Stars Doctor(syndrome abis ngerjain ******* hahahaha).
GUE BISA.


Amin.

2 komentar:

  1. Hihi beta semangat dooong. Lo pasti bisa deh jd dokter :-)

    BalasHapus
  2. semua cita2 emang butuh perjuangan jadi tetep semangat ya kawan dan sidikit2 ilangin pikiran gila lo...hehehehehehe

    BalasHapus