Sabtu, 16 Oktober 2010

good samaritan doctor

ini sebenernya kejadiannya udah agak lama, tapi gue baru ada mood untuk nulisnya sekarang.
gue rasa post ini ga lucu jadi kalo pengen ketawa udah buka website yang lain aja ya para pembaca.

so here goes.
waktu itu gue habis diskusi kelompok 2 yang dilaksanakan hari kamis (gue lagi pake batik soalnya makanya inget). waktu itu mau ada kuliah dr damayanti jam 10 pagi sementara gue diskusi dari jam 7 sampe jam 10 di parasit sementara kuliahnya di anatomi (cukup jauh jaraknya)

karena kondisi yang demikian, pengelola modul meminta kepada para fasilitator kelompok untuk nyelesain diskusi jam setengah 10 sehingga anak-anaknya bisa cepet keluar dan ga telat ke kuliah dr damayanti.

waktu itu rupanya jam tangan fasil gue itu kecepetan 5 menit. sementara jam di anatomi kelambatan 5 menit, jadi gue punya waktu lebih sekitar 10 menit untuk lebih nyantai daripada temen-temen gue yang lain.

yaudah dengan riang gembiranya gue keluar dari ruang diskusi dengan rencana ingin jajan. tau-tau, di deket ruang kuliah parasit ada yang rame-rame. karena ngirain ada orang ulang tahun bawa kue buat dipotong, gue ikutan melihat.

gataunya ada orang lagi dibopong gitu. waktu itu yang bopong ada banyak cowok. yang gue inget ada si imam sama si cahyo.

rupanya kakak kelas gue kolaps. kayaknya kalo dilihat dari kesotoyan gue, itu adalah hipokalsemia. tapi, gue melihat bahwa tangannya dia itu udah ketekuk2 gitu pas udah deket departemen anak(deket igd)

gue sempet ngebeliin susu buat kakak kelas gue itu (yang mana gue ga pernah ngobrol lebih dari 15 menit sama dia) tapi keburu udah diambilin tempat tidur dorong gitu ama satpam. jadinya langsung masuk IGD.

waktu masuk IGD, jam tangan gue menunjukkan jam 9.50. waktu itu gue mau balik ke anatomi. tapi tau-tau mas2nya bilang "Ayo ini temennya 2 orang temenin dia" dan karena gue dan zahra berada paling depan, akhirnya gue dan zahra yang nemenin. mampus udah mepet jamnya dr damayanti (yang mana adalah pemberi kuliah yang paling sayang kalo dilewatin kuliahnya). gue berpikir, okeh serahin ke dokter, cupika cupiki, kiss bye mmuah, sprint ke anatomi, helo dr damayanti.

rupanya.... jeng jeng jeng jeng. ga bisa begitu -__-

sampe ke IGDnya, itu kakak kelas gue cuma didiemin aja di tempat tidur. trus gue disuruh ngurus administrasinya. okeh dengan tingkat kesotoyan tinggi gue ke loket administrasi.
petugas loket : "ada apa dek?"
gue : "ini pak, mau daftarin pasien"
PL : "oh okeh kartu identitasnya mana"
gue : "..............................." jeng jeng jeng jeng "bentar yah pak"
balik lah gue ke dalam untuk mengambil kartu identitas kakak kelas gue
sampe di dalem rupanya dompet dan hp kakak kelas gue ini di tasnya dia, yang mana ada di parasit -___- nahlolo
okeh gue balik ke loket admin
PL :"mana dek kartunya"
gue : "ngggg dia lagi ga bawa kartu identitas pak"
PL : "yaudah namanya dia siapa?"
gue : "Kak ******"
PL : "nama lengkap?"
gue : "..................................................."
PL : "tempat tanggal lahir?"
gue : "....................................................."
PL : "nama orang tua?"
gue : "....................................................."
PL : "nomor HP?"
gue : *nyerah* "duh pak, dia kakak kelas saya jadi saya ga banyak tau informasi tentang dia"
PL :"yaudah nama kamu siapa?"

akhirnya admin ngegantung gitu aja. okeh dikasih kertas status gitu. gue balik lagi ke dalem.

FYI, itu keadaan IGDnya ga terlalu hectic. jadi gue kirain pas gue balik seenggaknya udah ada yang dilakukan kepada kakak kelas gue itu.

rupanya lagi-lagi tetot. gataunya belom ada tindakan apa-apa. gue kasihin formnya ke seorang dokter. trus dia ngeresep. saat itu zahra udah nyenggol-nyenggol gue "bet ini dr damayanti gimana beeeet" dan gue liat jam : 09.57. mampuslah ini pemenang olimpiade sprint aja belom tentu nyampe ga telat nih ke anatomi (lebay)

yaudah gue mencoba bilang ke dokternya, mengingat itu kuliah dr damayanti cuma 1 jam.
gue : "dok, boleh ga ini ditinggal dulu? saya ada kuliah dulu nanti jam 11 saya balik lagi"
dokter : "hloh! nanti yang nebus resep siapa dong?"
gue : dengan begonya "HLOH! ada resep? yaudah sini saya tebus dulu dok nanti saya tinggal ya abis itu"
dokter : *ngomong ke kayaknya seniornya* "yaudah ini saya kasih resep CITO"

oke gue ke apoteknya.
petugas apotek :"ini ada asuransinya ga dek?"
gue : "wah ga ada tuh bu"
PA : "okeh saya itung dulu ya"
gue : berpikir dalam hati *mampus lo bet mau kena berapa mau kena berapa*
PA : lama ngitung-ngitung ngecek stok ke temennya gitu "okeh dek kena Rp160.000"
gue dan zahra : ngitung duit di dompet syalalalalala

yaudahlah apabolehbuat. gue udah siap2 mau bayar. gataunya disuruh ngantri lagi. udah jam 10.10. mampuslah mampus. bbman sama imam. dia nyuruh gue tetep temenin dulu. yaudah apa boleh buat. lama ngantrinya. dan selama gue ngantri itu kakak kelas gue ga diapa-apain men. cuma disuruh tiduran doang di kasur. ngek. apanya yang gawat darurat ini mah. orang itu udah sampe keluar air mata ya pasiennya trus udah ditinggal aja ngobrol. beneran loh ngobrol di depan seorang pasien yang terbujur kaku (beneran kaku) dan air mata keluar perlahan. ngek ngok ngek ngok.

trus gue jadi mikir. oke selama ini diajarin kalo misalnya ada kecelakaan atau apa, lo bawa aja ke rumah sakit. masukin IGD. oke ternyata begini toh keadaannya. oke gue bayangin kalo gue jadi orang awam. mencoba berniat baik. ada orang kolaps. gue bawa ke rumah sakit. trus selama sekitar setengah jam pertama bukannya langsung ditolong tapi malah disuruh ribet ini itu. tau gini mending gue ga tolong (pikiran picik). oke itu tingkat urgensinya ga tinggi-tinggi amet kasusnya. tapi mbok ya ada komunikasi gitu. itu si zahra juga ga diajak ngomong atau apa gitu loh sama dokter-dokternya. didiemin aja gitu. pdhl mereka juga cuma duduk-duduk. oke gue tau mungkin kalo ga diketatin masalah administrasi rumah sakit bakal repot. oke mungkin emang banyak yang ga bisa nebus obat trus main kabur.

tapi ini gue men masa muka gue angelic gini pada ga percaya sih? (ditimpuk sepatu)

yaudahlah kalo emang begitu adanya. gue gatau juga sih mau komen apa. cuma aga siyok aja pas tau kenyataannya kayak gitu proses di IGD. hmmmm... gue ga pengen ada yang komen aneh-aneh dan menghina atau apa ya di post ini. kalopun ada yang komen aneh dan gue anggep itu menghina I'll delete it so no offense ya bagi yang nanti komennya gue apus (kayak ada aja gitu bet haha).

maap postnya aneh lagi galau tengs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar